PERSARI    

PERSARI

Gerakan Pramuka berupaya mencetak generasi yang tangguh dalam menghadapi perkembangan jaman. Gerakan Pramuka SD Kristen Petra 13 mengadakan kegiatan yang melatih ketangkasan serta mengenalkan siswa pada lingkungan.

Pelestarian Budaya    

Pelestarian Budaya

Kekayaan Budaya senantiasa terlestarikan dari generasi ke generasi

Gedung SD Kristen Petra 13    

Gedung SD Kristen Petra 13

Di tempat inilah proses pembelajaran berlangsung dengan baik.

Gedung SD Kristen Petra 13    

Gedung SD Kristen Petra 13

Berdekatan dengan Gereja GKI Pondok Tjandra, menumbuhkan rasa kasih pada TUHAN Allah semakin  erat dan mesra.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

MELAYANI SESAMA

Tema kegiatan PKK SD Kristen Petra 13 pada hari Kamis, 27 April 2017 adalah Melayani Sesama, dengan pilar karakter Caring. Proses batin yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu agar siswa memahami arti melayani sesama yang didasari dengan ketulusan serta menyadari bahwa Tuhan telah terlebih dahulu melayani manusia.

Kegiatan di kelas kecil dan kelas besar dimulai dengan menyanyikan lagu "Mana-Mana Tuhan Panggil", doa pembukaan, serta pembagian kelompok. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 bertugas melayani teman dengan cara bertanya berapa banyak kue, snack, dan minuman yang diminta. Kelompok 2 berperan sebagai orang yang dilayani. Selanjutnya mereka akan bertukar peran mengambilkan kue, snack, dan minuman sesuai permintaan teman yang dilayani.

Di akhir kegiatan guru memberikan makna kegiatan, bahwa saat melayani kita menyediakan waktu dan tenaga untuk orang yang kita dilayani. Siswa juga belajar untuk menghargai dan berterima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh orang lain. Itulah yang Tuhan Yesus kehendaki untuk kita lakukan.

melayani_1.jpgmelayani_2.jpgmelayani_3.jpgmelayani_4.jpgmelayani_5.jpgmelayani_6.jpg

KOIN UNTUK SESAMA

Tema Pendidikan Karakter Kristiani di SD Kristen Petra 13 selama bulan Maret 2017 untuk kelas kecil dan besar adalah "Berbagi", dengan pilar karakter "Caring". Tujuan dari materi ini agar siswa menyadari bahwa berbagi merupakan kesempatan untuk mengajak orang lain turut merasakan kebahagiaan seperti yang kita rasakan, memperbaiki hidup sesama, membentuk dunia yang lebih baik, serta menyalurkan berkat Tuhan yang kita terima.
Selama satu minggu, para siswa telah menyisihkan sebagian uang jajan untuk kegiatan berbagi ini. Hasil koin yang telah dikumpulkan, kemudian dibelikan barang yang bermanfaat dan diberikan kepada satpam atau pesuruh atau petugas kebersihan.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang pandai, ada yang kurang pandai. Ada yang hidup dalam berkelimpahan, ada juga yang masih kekurangan. Hal itu menyadarkan kita tentang perlunya berbagi. Berbagi berarti membantu mengisi sesuatu yang kurang dengan memberikan yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan.

koin_sesama_1.jpgkoin_sesama_2.jpgkoin_sesama_3.jpgkoin_sesama_4.jpg

MAKE A RAINBOW

Tema Pendidikan Karakter Kristiani di SD Kristen Petra 13 pada hari Selasa, 21 Februari 2017 adalah “Berbagi”, dengan pilar karakter “Caring”. Tujuan dari materi ini agar siswa memahami arti penting berbagi dan menyadari bahwa berbagi merupakan kesempatan untuk merealisasikan niat baik kepada orang lain baik secara individu maupun kelompok serta membuat pihak lain ‘diperkaya’ baik dari segi materi maupun non materi.
Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu, “Berilah yang Baik”, kemudian siswa memulai membuat karya yaitu membuat pelangi untuk kelas I-III dan berbagi warna untuk kelas IV-VI. Siswa mendapatkan kertas berwarna dengan jumlah dan warna yang berbeda-beda. Beberapa siswa mendapatkan kertas warna yang banyak dan beragam, dan beberapa yang lain mendapatkan sedikit bahkan 1 lembar kertas warna saja. Tugas siswa kelas I-III adalah membuat pelangi dengan menempelkan potongan-potongan kertas warna pada LKS, sedangkan IV-VI membuat bentuk rumah, pohon, matahari, dan awan.
Kertas warna melambangkan sesuatu yang kita miliki. Ada yang kekurangan, ada yang berlebihan, ada juga yang pas-pasan. Kita tidak bisa membuat pelangi jika hanya memiliki satu warna saja. Sehingga kita perlu berbagi agar susunan warna pelangi dapat terbentuk. Pelangi menandakan kebahagiaan. Dengan berbagi, maka kita ikut memberikan berkat kebahagiaan untuk orang lain. Itulah maknanya berbagi. Kita mendapat kebahagiaan dan juga membuat orang lain bahagia.

rainbow_1.jpgrainbow_2.jpgrainbow_3.jpgrainbow_4.jpgrainbow_5.jpg

MY LIFE TIMELINE

Tema Pendidikan Karakter Kristiani di SD Kristen Petra 13 pada tanggal 24 Januari 2017 adalah “Mengungkapkan Terima Kasih kepada Tuhan dan Sesama”, dengan pilar karakter “Caring”. Tujuan dari materi ini agar siswa menyadari bahwa hidup dan segala sesuatu yang kita miliki adalah pemberian dari Tuhan melalui sesama, mengenali dan mengakui kebaikan-kebaikan sesama serta memberikan penghargaan atas pemberian dari sesama.
Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu, “Tuhan Yesus Baik”, kemudian siswa memulai membuat karya siswa yaitu My Life Timeline. Siswa menempelkan foto-foto mereka pada kertas karton buffalo dan menuliskan kejadian atau usia mereka saat foto tersebut diambil untuk mengenal kasih Tuhan dalam kehidupan mereka.
Lewat pembuatan life timeline siswa diajarkan untuk mengenal bentuk penyertaan Tuhan dalam kehidupan mereka sampai usia mereka sekarang. Sehingga siswa dapat bersyukur kepada Tuhan untuk penyertaan-Nya, serta mengucapkan terima kasih kepada orang tua dan sesama yang sudah memberi kebaikannya untuk kita.

timeline_1.jpgtimeline_2.jpgtimeline_3.jpg

PEDULI PADA DIRI SENDIRI

Tema Kegiatan Pendidikan Karakter Kristiani (PKK) SD Kristen Petra 13 pada tanggal 25 Oktober 2016 yaitu “Peduli pada Diri Sendiri”. Tema ini memberikan banyak makna pada siswa agar menyadari betapa pentingnya menjaga diri secara sungguh-sungguh dalam segala aspek dirinya dan memahami hal-hal apa saja yang dapat dilakukan sebagai bentuk rasa peduli pada diri sendiri.

Perwujudan nilai-nilai tersebut diaplikasikan dalam kegiatan kelas, yaitu membuat gantungan I Take Care of My Self. Siswa menggunting mengikuti pola yang tersedia, kemudian menempelkan gambar, dan menuliskan bentuk kegiatan atau perbuatan yang mencerminkan kepedulian pada diri sendiri.

Tujuan dari kegiatan ini untuk mengajarkan kepada siswa agar peduli pada diri sendiri sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan sebagai pribadi yang berharga. Peduli pada diri sendiri berarti belajar bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

kepedulian_1.jpgkepedulian_2.jpgkepedulian_3.jpgkepedulian_4.jpgkepedulian_5.jpg

boost the values reap the success