| |

Bersih-bersih Rumah

Bersih 01 bersih bersih 2

Mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir merupakan satu dari sekian banyak kegiatan wajib, guna mencegah masuknya virus Corona datang ke tubuh kita. Selain kebersihan diri yang wajib kita jaga, ada juga kebersihan lingkungan sekitar, yakni rumah kita, yang harus selalu dijaga dan dibersihkan. Bersih-bersih rumah harus selalu dilakukan secara rutin. Bersih-bersih rumah yang dilakukan secara rutin dapat membantu mencegah bersarangnya debu kotor dan virus, termasuk virus Corona ke rumah kita.

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan rumah kita. Salah satunya adalah menyapu lantai. Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan Basic Life Skill (BLS). Kami siswa-siswi kelas 3 SD Kristen Petra 13 juga melakukan bersih-bersih di rumah kami lho. Kami menyapu lantai kamar tidur, ruang TV, dan juga ruangan lain yang ada di rumah kami. Kegiatan menyapu lantai ini juga bisa sebagai kegiatan olahraga lho, teman-teman. Pokoknya, selalu jaga kesehatan tubuh dan juga jaga kebersihan lingkungan sekitarmu ya. Tuhan Yesus memberkati.

Mencegah Lebih Baik Daripada Mengobati

Mencegah daripada Mengobati 1 Mencegah daripada Mengobati 2

Berita mengenai wabah virus Corona (COVID-19) bukanlah hal yang asing di telinga kita. Virus ini pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada awal bulan Desember 2019. Virus ini menyebar begitu pesat di seluruh penjuru dunia bahkan sampai juga ke negara kita, yaitu Indonesia tercinta. Datangnya wabah virus ini, membuat kegiatan di sekolah kami harus terpaksa dihentikan atau “belajar di rumah”. Walaupun kami hanya di rumah saja karena adanya wabah virus ini, kami tetap semangat belajar lho, teman teman. Kami tetap berusaha mempelajari banyak hal, mempelajari banyak ilmu serta mengembangkan potensi dalam diri.

Mencegah daripada Mengobati 3 Mencegah daripada Mengobati 4

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan juga harus semakin ditingkatkan. Kami siswa-siswi kelas 5, SD Kristen Petra 13 ingin mengajak dan mengingatkan teman-teman untuk ikut membantu memutus mata rantai penyebaran virus Corona melalui poster yang sudah kami buat. Poster ini kami gambar dan kami warnai sendiri lho, teman-teman. Bagus kan? Naaahhh, teman-teman, mari kita doakan agar wabah virus Corona ini segera pergi dari bumi kita. Sehingga kita semua bisa beraktivitas seperti sedia kala. Selalu jaga kesehatanmu ya, teman-teman. Tuhan Yesus memberkati.

Mencegah daripada Mengobati 5

Merayakan Paskah di Rumah

Paskah di rumah 1 Paskah di rumah 2

Momen paskah kali ini sungguh berbeda dengan sebelumnya. Biasanya pada momen paskah para siswa diajak untuk bersama-sama membuat ornament paskah yang akan menjadi hiasan di lorong sekolah maupun di tiap kelas kami. Namun karena Paskah kali ini, kami harus Stay At Home bersama keluarga. Maka guru kami pun membuat suatu ide untuk para siswa dalam memaknai Paskah di rumah.

Paskah di rumah 3 Paskah di rumah 4

Kami siswa kelas 1 SD Kristen Petra 13, membuat berbagai macam ornament paskah seperti menghias telur paskah, membuat kartu ucapan, membuat boneka kelinci dari kain flannel dan sebagainya. Waaaah…kami sungguh bersyukur karena melalui hiasan paskah yang kami buat di rumah, kami menjadi sadar bahwa Tuhan sungguh mencintai kami sehingga sampai saat ini kami semua masih diberi kesehatan untuk bisa merayakan dan membuat hiasan paskah di rumah di tengah situasi physical distancing ini. Tetap semangat dan jaga kesehatan di dalam Tuhan ya teman-teman. Tuhan memberkati.

Belajar Bersama Papa dan Mama

belajar bersama papa mama 1

belajar bersama papa mama 3

Saat ini, stay at home atau #dirumahaja sudah tidak asing lagi bagi kita semua ya, karena tagar itu yang sering disuarakan di media cetak maupun media elektronik selama pandemi Covid-19 ini. Tidak bisa dipungkiri juga, bahwa karena adanya pandemi ini kita menjadi cemas, takut, bahkan tidak berani untuk bertemu dengan orang lain. Eittsss, namun, sebagai anak Tuhan kita tidak perlu kuatir, karena selama kita mengikuti himbauan dari pemerintah, kita semua pasti bisa terhindar dari virus ini. Apa saja sih yang perlu kita lakukan? Yup, benar sekali, dengan menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, lalu menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dengan rajin mencuci tangan ketika selesai memegang benda apa pun di sekitar kita, menjaga asupan gizi secara seimbang, rajin berolahraga, serta istirahat yang cukup. Satu lagi yang cukup penting yaitu, dengan melakukan Physical Distancing atau dengan menjaga jarak aman ketika berada di tempat umum untuk memutus rantai persebaran virus ini.

belajar bersama papa mama 2 belajar bersama papa mama 4

Situasi pandemi Covid-19 ini pasti akan berdampak bagi semua kalangan, tak terkecuali, juga bagi kita anak sekolah. Tak terasa ya sudah 1,5 bulan kita berada di rumah, terhitung sejak 16 Maret 2020, karena adanya pandemi ini kita semua harus melakukan segala aktivitas dari rumah. Tak terkecuali, juga bagi kami siswa-siswi SD Kristen Petra 11, kami juga harus melakukan School From Home sesuai dengan anjuran dari pemerintah, karena adanya anjuran ini, maka kami semua harus melakukan kegiatan pembelajaran melalui daring (dalam jaringan) atau online. Awalnya, kami merasa aneh karena belum terbiasa, kami harus belajar sendiri dan hanya dibantu oleh orang tua dan keluarga yang ada di rumah. Namun, seiring berjalannya waktu, kami semua sudah mulai terbiasa untuk melakukan pembelajaran daring ini, kami sangat antusias karena tugas yang diberikan juga mendorong kami untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, sehingga kebosanan kami ketika #dirumahaja bisa sedikit terobati. Contohnya, kegiatan kami siswa kelas III yang diberikan tugas untuk membuat prakarya dari kardus bekas, sangat menyenangkan sekali, dan masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang menyenangkan. Oh iya, untuk mengobati kerinduan kami, sesekali waktu kami juga bertemu melalui video conference, kami sangat antusias, karena kami dapat bertemu dan melihat wajah bapak/ibu guru dan teman-teman, walaupun tidak secara langsung, kami  bersyukur dan bahagia karena dapat berbagi pengalaman kami selama #dirumahaja dengan guru dan teman-teman. Selama video conference kami juga saling mendoakan dan menguatkan semoga kita semua tetap dalam kondisi yang sehat dan selalu dalam perlindungan Tuhan.

Yaah, semoga semua ini dapat kita lalui dengan baik ya teman-teman, kita semua dalam kondisi yang sehat dan pada akhirnya, kita dapat bertemu kembali di sekolah dan melaksanakan aktivitas seperti semula. Stay Safe and Keep healthy, teman-teman. We Miss You!

Ibadah Natal 2019

Sebagai umat pilihan Allah, kita dituntut untuk dapat survive dalam setiap keadaan. Baik dalam keadaan senang maupun susah, seperti bangsa pilihan Allah yaitu Israel.  Bangsa Israel dididik Tuhan dengan serangkaian peristiwa sejarah sebagai pembelajaran untuk menuju tanah perjanjian. Pada tanggal 12 Desember 2012 siswa SD Kristen Petra 13 mengadakan Ibadah Natal yang bertempat di GKI Pondok Tjandra Indah dengan pembicara Pdt. Fransiscus Oktavianus Turino.

IBADAH_5.jpgIBADAH_4.jpgIBADAH_2.jpgIBADAH_1.jpgIBADAH_3.jpg
 

Pada kotbah tersebut kami diajarkan untuk bersyukur, karena Yesus telah datang ke dunia yang nantinya akan menebus dosa umat manusia. Sebagai anak-anak terang, kami diajarkan untuk menjadi anak-anak yang membuat Tuhan bangga, melalui perbuatan, tutur kata dan tindakan yang kami lakukan dimana saja kami berada seperti Yesus yang telah menjadi “Sang Tunas Pembawa Harapan” bagi dunia. Untuk itu dalam ibadah tersebut juga diadakan pembagian beberapa piala kepada siswa-siswa yang berprestasi pada semester ganjil ini. Kiranya bisa memotivasi siswa yang lain untuk lebih giat lagi dalam belajar dan menggali talenta yang Tuhan berikan.

boost the values reap the success