| |

Have Fun with Online Exercise

Saat ini kita dituntut untuk berperilaku hidup sehat guna mempertebal imunitas kita, sehingga kita bisa terhindar dari sakit penyakit. Salah satu cara paling mudah untuk membuat hidup kita sehat adalah dengan berolahraga. Walau pun saat ini kami melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kami tetap bisa berolahraga bersama loh teman-teman. 

Online-Exercise-5.jpgOnline-Exercise-3.jpgOnline-Exercise-2.jpgOnline-Exercise-4.jpgOnline-Exercise-1.jpg

Satu, dua, tiga,… kata guru olahraga kami menghitung setiap gerakan yang harus kami lakukan. Kami berolahraga dengan peralatan yang mudah ditemui di sekitar rumah kami. Sebelumnya kami diminta untuk menyiapkan sebatang kayu / pipa / atau semacam benda yang panjangnya 50 cm dan 6 buah botol bekas yang diisi dengan air. Sebatang kayu tersebut digunakan setiap kami untuk berlatih keseimbangan sedangkan botol bekas kami gunakan untuk berlari secara zig-zag. Kegiatan ini membuat kami sehat dan juga bahagia loh teman-teman, karena tak jarang kami melihat gerakan-gerakan lucu yang dilakukan oleh teman-teman kami dari layar gadget. Melalui kegiatan ini badan kami sehat, juga have fun! Stay healthy ya teman-teman. 

Berolahraga Online Sangat Mengasyikkan

olahraga_04.jpgolahraga_01.jpgolahraga_03.jpgolahraga_02.jpg

Olahraga merupakan kegiatan yang sangat berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah senam. Selain mudah juga tidak memerlukan tambahan alat lainnya. Di tengah pandemi seperti ini sangat penting bagi kita semua untuk meningkatkan imunitas dan kesehatan, untuk itu siswa kelas 2 SD Kristen Petra 13, melaksanakan senam melalui aplikasi daring.

Kami, diwajibkan memakai pakaian olahraga saat kegiatan berlangsung. Satu...dua...tiga... terdengar suara hitungan dari guru olahraga kami untuk memandu jalannya senam. Step by step dari pemanasan, gerakan inti dan pendinginan pun kami lakukan melalui. Tidak lupa guru kelas kami pun ikut dalam kegiatan ini. Kegiatan ini sangat seru walaupun dilakukan di rumah kami masing-masing, tak terasa waktu kami untuk kelas online sudah selesai. Badan kami pun merasa lebih segar, kami juga bisa melakukan gerakan-gerakan tersebut bersama dengan papa, mama, kakak dan adik di rumah. Tetap jaga kesehatan ya teman-teman!

Membuat Rompi dari Limbah Plastik

ROMPI 1 ROMPI 2

Di tengah meningkatnya penggunaan limbah plastik hampir di setiap kegiatan hidup manusia, plastik merupakan salah satu limbah yang mudah untuk didaur ulang menjadi barang yang dapat digunakan kembali. Untuk mengurangi limbah plastik tersebut, kami siswa kelas 5 SD Kristen Petra 13 membuat kegiatan yang sangat menyenangkan loh. Mau tau apa kegiatan kami?

ROMPI 3 ROMPI 4

Kami diharuskan untuk mencari kantong plastik bekas yang ada di rumah. Kebanyakan kantong plastik ini merupakan bekas pakai dari belanja. Kantong plastik tersebut kami buat menjadi rompi yang unik dan bagus. Membuatnya pun sangat mudah, awalnya kami harus memotong bagian bawah dari kantong plastik tersebut, kemudian digunting pada bagian tengahnya. Naaah... yang paling asyik adalah saat kami harus menambahkan pernak-pernik sesuai kreativitas kami dengan barang-barang yang ada di rumah. Rompi dari kantong plastik pun siap kami pakai. Di masa pandemi ini  kami tidak terus-terusan main game di gadget masing-masing looh… Tetapi kami bisa berkreativitas dengan produktif melalui kegiatan membuat rompi ini.

How to Protect Yourself From Covid-19

World Health Organization (WHO) telah menetapkan virus Corona atau Covid-19 sebagai pandemi karena telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. Pandemi Covid-19 akan berdampak dari berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Melalui hal tersebut, siswa kelas 2 SD Kristen Petra 13 diajak membuat project dalam rangka mencegah penularan covid-19.

protect covid 01 protect covid 02

Meskipun virus ini berbahaya, kita tidak perlu kuawatir karena banyak pencegahan yang bisa kita lakukan loh teman-teman. Melalui aplikasi daring, siswa kelas 2 diajak untuk membuat gambar “How to Protect Yourself From Covid-19” yaitu langkah-langkah pencegahan pandemi Covid-19 dengan menggunakan Bahasa Inggris. Dengan kami membuat project ini, kami menjadi lebih sadar dalam menerapkan pola hidup sehat seperti mencuci tangan, menggunakan masker jika berada di luar rumah, makan makanan yang bergizi, rajin berolahraga dan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Ayo teman-teman jalankan pola hidup sehat dan taat dengan himbauan pemerintah supaya kita tercegah dari virus ini dan pandemi ini segera berakhir.

Uniknya belajar secara daring

Sejak bulan Maret Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 menghimbau  setiap sekolah untuk melaksanakan kegiatan belajar dan  mengajar dari rumah atau sering kita sebut Learn From Home (LFH). Terkait dengan hal itu pemerintah telah mengeluarkan kebijakan tentang Physical Distancing dan karantina di rumah guna memutus rantai penyebaran COVID-19. Tak terasa sudah 3 bulan siswa SD Kristen Petra 13 merasakan LFH di rumah.

daring 01 daring 02

Selama mengikuti pembelajaran secara daring ini banyak hal baru dan unik yang kami alami. Kami belajar untuk lebih menghargai orang lain dalam berbicara karena kami harus menunggu giliran sampai nama kami disebut oleh guru apabila ingin bertanya, sehingga kami lebih fokus apabila pertanyaan tersebut ternyata sama dengan apa yang ingin kami tanyakan. Banyak juga pembelajaran kreatif yang dilakukan oleh bapak ibu guru loh melalui video, games, dan kuis baik itu yang sesuai dengan materi pembelajaran maupun yang berfungsi untuk me-refresh otak kami. Segala sesuatu yang baru kami alami ini terasa unik dan menyenangkan membuat semangat kami tidak surut dalam belajar. Semoga keadaan ini cepat menjadi lebih baik sehingga kita bisa kembali belajar secara bertatap muka dengan teman-teman dan guru kami. Untuk itu tetap di rumah dan jaga kesehatan ya teman-teman. Tuhan memberkati.

daring 03

boost the values reap the success