| |

Ceramah Pendidikan Seks Dan Napza Secara Daring

image 1

Seiring bertambahnya umur, setiap manusia pasti mengalami perkembangan secara fisik dan emosional. Untuk itu pada tanggal 22 Maret 2021, siswa kelas IV SD Kristen Petra 13 mengikuti acara Ceramah Pedidikan Seks dan Napza yang dilakukan secara daring dengan pembicara, dr. Titik Sunaryati dan dr. Emielia Husodo. Sesi 2 diisi dengan Ceramah Pendidikan Seks, untuk menambah pengetahuan kita akan perubahan-perubahan yang akan dialami oleh setiap siswa, hal itu wajar dan kami tidak perlu takut untuk mengalami hal tersebut. Kami diberikan ilmu yang cukup untuk mengetahui perkembangan fisik dan emosional dari diri kami sendiri.

image 1

Pada sesi 1, diisi dengan materi bahaya penggunaan Napza (Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif), meski beberapa dari zat tersebut digunakan untuk kepentingan medis, tetapi kami menjadi lebih tahu jika digunakan dengan tidak benar akan menjadi racun di dalam tubuh kita. Sebagai anak Tuhan, kita wajib untuk menjaga tubuh kita karena tubuh ini adalah Bait Allah.  So, say no to drugs friends!

BLS membuat Telur Dadar

Apakah kalian sudah pernah melihat tayangan televisi seorang chef memasak suatu hidangan? Kalau sudah pernah, kami siswa kelas 4 SD Kristen Petra 13 pernah melakukan hal tersebut loh dalam rangka Basic Life Skills (BLS) yaitu Menggoreng Telur Dadar. Sebelumnya kami dijelaskan terlebih dahulu tentang bagaimana langkah-langkah dalam emnggoreng telur dadar. Kami menonton videonya terlebih dahulu Bersama-sama. Setelah itu kami diminta untuk mempersiapkan satu buah telur, garam dan beberapa bahan pelengkap yang boleh ditambahkan seperti daun bawang, sosil dan sebagainya sesuai keinginan kami.

image_2.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Setelah itu guru kami pun mempraktikknya secara langsung melalui zoom seperti demo memasak. Kami segera mempraktikkan arahan dari guru, tentunya kami lakukan dengan hati-hati dan menjauhkan gadget kami dari kompor. Setelah telur dadar kami jadi, kami pun memakannya bersama-sama…nyam..nyam..nyam.. ternyata telur dadar jika itu buatan sendiri akan terasa lebih enak.

Virtual Field Trip ke Taman Safari

Tak dipungkiri salah satu kegiatan yang ditunggu oleh para siswa saat di sekolah adalah kegiatan Field Trip. Biasanya mereka akan belajar dan berkunjung ke tempat-tempat bersejarah, museum, atau kebun yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Namun, apakah pada saat Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) seperti ini kegiatan tersebut bia tetap dilaksanakan? Tentunya bisa. Pada bulan Februari 2021, siswa kelas 1-3 SD Kristen Petra 13 mengadakan Virtual Field Trip ke Taman Safari Indonesia.

VIRTUAL_FIELD_TRIP_2.jpegVIRTUAL_FIELD_TRIP_3.jpegVIRTUAL_FIELD_TRIP1_.jpegVIRTUAL_FIELD_TRIP_4.jpeg

Untuk menambah serunya suasana siswa diajak untuk mengenakan seragam olahraga, topi serta tas new normal yang mereka dapatkan dari sekolah. Kegiatan diawali dengan penggambaran suasana di sekolah, bahkan di dalam bus. Hal tersebut didukung sengan virtual background, backsound dan ajakan dari guru kelas. Setelah itu mereka akan melihat video yang dibuat secara langsung mengenai hewan-hewan yang terdapat di Taman Safari Indonesia. Setelah  acara virtual selesai, ada sesi tanya jawab yang berkaitan dengan virtual field trip tadi. Beberapa dari kami mendapatkan hadiah karena bisa menjawab pertanyaan dengan benar…yeaaay. Waaaah seru sekali yaaaa, ternyata walaupun field trip tahun ini dilaksanakan secara virtual namun tetap terasa menyenangkan.

Budaya 5S Selama Pembelajaran Jarak Jauh

Tentunya setiap kita sudah tahu betul mengenai Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) yang diajarkan di sekolah. Saat pembelajaran kelas normal,  mengirimkan perwakilan siswa untuk menjadi penyambut tamu di setiap gerbang atau di tempat kedatangan siswa. Meskipun saat ini pembelajaran dilaksanakan secara online, kegiatan tersebut tetap dilakukan di ruang zoom oleh para siswa di SD Kristen Petra 13, loh teman-teman. Setiap siswa di kelas masing-masing bergiliran untuk tetap menyapa guru dan teman-temannya yang bergabung di ruang zoom.

Oh iyaaa siswa yang betugas menyambut tentunya harus bergabung lebih awal sebelum teman-teman yang lainnya, sebelum menuju breakout room di situ mereka akan tetap menyapa guru dan teman-teman mereka seperti biasa. Apalagi saat mengawali tahun 2021 ini, kami saling memberi selamat tahun baru kepada guru dan teman-teman kami. Budaya 5S dapat kita terapkan disegala kondisi dan suasana. Jangan lupa tetap menjunjung Budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) ini ya teman-teman, dimanapun kalian berada. Selamat memasuki tahun 2021 teman-teman, tetap jaga kesehatan yaaa… Tuhan memberkati.

Bermain Bola Basket

BASKET_3.jpgBASKET.jpgBASKET_2.jpg

Siapa disini yang tidak kenal basket, permainan tersebut sungguh mendunia karena tidak sembarangan permainan tersebut dilakukan, diperlukan strategi dan teknik dalam memainkannya. Siswa kelas 4 SD Kristen Petra 13 mengikuti pelajaran olahraga dengan materi basket. Tentunya kami membutuhkan media bola yang bisa memantul. Guru kami sudah menjelaskan bahwa kami diminta untuk menyiapkan bola basket saat kegiatan pembelajaran olahraga dimulai. Namun jika di rumah tidak ada bola basket, kami boleh memakai bola apa saja yang kira-kira besarnya seperi bola basket dan bisa memantul.

Sebelum memulai pelajaran guru kami sudah menghimbau untuk melakukan kegiatan ini di luar rumah atau jauh dari barang-barang elektronik yang ada di rumah. Suasana menjadi sangat asyik saat guru kami mulai mengajarkan teknik-teknik dasar dalam men-dribble bola basket dan langsung kami praktikkan saat itu juga. Kegiatan ini membuat kami lebih berkonsentrasi dan badan menjadi sehat. Tetap sehat ya teman-teman di masa-masa ini. Tuhan memberkati!

boost the values reap the success