| |

Pembelajaran IT yang Menyenangkan

IT 1

Jika saat ini kita berbicara mengenai teknologi, banyak hal yang bisa kita gali dan manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Wah...begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan, tentunya kita pun harus menyikapinya dengan positif. Untuk mengintegrasikan pembelajaran Information Technology ( IT) dengan pembelajaran di kelas, siswa SD Kristen Petra 13 mengadakan jam IT 2 minggu sekali. Pembelajaran ini berlangsung sangat menyenangkan sehingga siswa pun antusias dalam mengikutinya.

IT 2 IT 3

Beragam materi guru ajarkan sesuai dengan materi di kelas, seperti membuat garis, bentuk, membuat pecahan, membuat karangan, dan masih banyak lagi. Melalui pembelajaran IT ini materi yang dipaparkan oleh guru menjadi lebih interaktif dan menarik. Sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar. Diharapkan pembelajaran yang dilakukan secara teratur dapat menambah keterampilan untuk para siswa.

We’ve Got So Much Fun In Learning

FUN-LEARNING-2.jpgFUN-LEARNING-4.jpgFUN-LEARNING-1.jpgFUN-LEARNING-5.jpgFUN-LEARNING-3.jpg
 

Tak terasa Penilaian Akhir Semester telah usai. Para guru sudah menyiapkan berbagai pembelajaran yang asyik dan menarik. Pembelajaran kali ini dilakukan dengan metode fun learning, dengan tujuan agar siswa dapat lebih bisa menerima dan memahami materi yang disampaikan. Fun learning kali ini diterapkan pada setiap jenjang kelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 5.

Pada kesempatan ini, fun learning dilakukan pada semua subjek mata pelajaran. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan ice breaking, art and craft, menyanyi, menari, bercerita, menggambar dan masih banyak lagi. Diharapkan dengan adanya fun learning ini, siswa lebih dapat mengerti pembelajaran yang sudah diajarkan sehingga dapat menjadi pembelajaran seumur hidup(lifelong learning).

Narkoba No, Prestasi Yes

BNN 6

Pemahaman dan penjelasan tentang bahaya narkoba sebaiknya dilakukan sejak dini. Ditambah lagi saat ini arus peredaran narkoba yang merajalela  di mana-mana, yang kini sasarannya tidak hanya orang dewasa dan remaja, tetapi dalam beberapa kasus sudah menjalar ke dunia pendidikan Sekolah Dasar (SD). Oleh karena keresahan terebut, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Sidoarjo bekerja sama dengan Dinas Pendidikan mulai gencar dalam memberi penyuluhan tentang bahaya narkoba ke sekolah-sekolah. Salah satunya adalah penyuluhan di SD Kristen Petra 13 pada tanggal 8 Maret 2019, yang dikhususkan bagi siswa kelas IV–VI.

Kue Putu Ayu

COOKING 1

Kue putu ayu merupakan salah satu kue tradisional yang masih menjadi kesukaan banyak orang dari berbagai lapisan usia. Kue putu ayu yang berwarna hijau dan ada taburan parutan kelapa, membuat daya tarik tersendiri untuk dinikmati. Putu ayu merupakan kue yang mudah dibuat, yaitu dengan cara dikukus. Untuk itu, pada saat kegiatan ELS Cooking tanggal 20 Maret 2019, para siswa V SD Kristen Petra 13 diminta untuk mencoba membuat kue putu ayu.

COOKING 2

Sebelumnya, kami dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap anggota memiliki tugas masing-masing untuk membawa bahan-bahan yang dibutuhkan. Bahan-bahannya pun mudah didapat, yaitu: tepung terigu, gula pasir, santan, telur, parutan kelapa, garam, dan sari daun pandan. Pertama-tama, kami diajari oleh guru pembimbing untuk membuat adonan kue dengan mixer. Setelah adonan jadi, kami harus memasukkan perlahan-lahan ke dalam cetakan yang sudah dilumuri minyak, dan diisi dengan parutan kelapa. Setelah itu, kami memasukkan satu per satu cetakan yang berisi adonan ke dalam kukusan. Tunggu beberapa menit… kue putu ayu pun jadi, dan keluarkan dari cetakan secara perlahan. Nah… jadilah kue putu ayu yang siap untuk dinikmati. Kami pun senang dan puas karena kue tersebut merupakan hasil dari kerja keras kami dan arahan dari guru pembimbing.

COOKING 3

Asyiknya Belajar Panyandra

BHS JAWA 1

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, salah satunya adalah bahasa Jawa. Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa daerah yang digunakan di Pulau Jawa. Upaya untuk tetap melestarikannya di tingkat pendidikan adalah dengan diadakannya mata pelajaran Bahasa Jawa di sekolah. Belajar bahasa Jawa terkadang membuat siswa merasa kesulitan dalam menghafal, khususnya ketika belajar tentang panyandra. Payandra merupakan pepindhan (unen-unen) atau kata-kata pengandaian/perbandingan yang biasa dipakai untuk mengambarkan suatu objek, dalam hal ini berhubungan dengan bagian tubuh seseorang. Untuk menyiasati hal tersebut, siswa kelas V SD Kristen Petra 13 belajar dengan metode fun learning.

BHS JAWA 2

Fun learning kali ini dilakukan dengan cara memberikan beberapa gambar dan kartu-kartu yang berisi tulisan. Secara berkelompok, mereka harus mencari dan memasangkan panyandra dan tulisannya dengan tepat, kemudian mempresentasikan di depan. Saat mempresentasikan, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan, sehingga saat itu juga guru menjelaskan makna dan cara pengucapan yang benar. Dengan menggunakan cara seperti ini, belajar menjadi lebih menyenangkan karena mereka aktif berpikir, berkelompok, berdiskusi, berkomunikasi, dan memecahkan masalah bersama.

BHS JAWA 3

BHS JAWA 4

BHS JAWA 5

boost the values reap the success