| |

Let’s Count 1 to 40!

COUNT_1.jpgCOUNT_2.jpgCOUNT_4.jpgCOUNT_3.jpg

Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan salah satu upaya guru dalam menyampaikan suatu materi. Hal ini bertujuan agar siswa dapat lebih mengerti materi yang diajarkan. Salah satu pembelajaran menarik yang dilakukan adalah count 1–40 di kelas I SD Kristen Petra 13.

Siswa diajak bermain dan memutar dadu untuk mendapatkan angka yang harus mereka hitung secara bergantian. Setiap gilirannya, mereka akan menambahkan sesuai dengan angka dadu yang keluar. … pemenangnya adalah siswa yang berhasil mengumpulkan berjumlah empat puluh terlebih dahulu. Melalui pembelajaran ini, siswa diajak untuk mengitung bilangan dari angka 1 sampai 40, menjumlahkan bilangan, serta mengerti puluhan dan satuan.

Asyiknya Mengenal dan Memetik Sayur

Mengaktualisasikan potensi peserta didik sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problem yang dihadapi, adalah salah satu dari tujuan diadakannya Basic Life Skill (BLS) yang merupakan program dari PPPK Petra. Pada tanggal 17 Januari 2020, siswa kelas II SD Kristen Petra 13 mengikuti kegiatan BLS dengan tema mengenal dan memetik sayur.

MEMETIK_SAYUR_3.jpgMEMETIK_SAYUR.jpgMEMETIK_SAYUR_4.jpgMEMETIK_SAYUR_2.jpg

Sebelumnya, guru menerangkan tentang cara mencuci dan memetik sayur. Kemudian pada hari kegiatan berlangsung, para siswa membawa sayur-sayuran dari rumah, antara lain: bayam, kangkung, kecambah, dan kacang panjang. Setelah sayuran tersedia, dimulailah kegiatan BLS ini. Para siswa sangat antusias dalam mencuci dan memetik sayuran yang sudah mereka bawa dari rumah tersebut. Kegiatan ini berjalan seru, terbukti dengan antusias mereka mengerjakan kegiatan tersebut. Melalui kegiatan ini, siswa diharapkan dapat lebih mandiri dan terdorong untuk makan sayuran. Ayo makan sayur untuk kesehatan tubuh kita!

Ekstrakurikuler : Pianika

pianika 02

Tahukah kalian ada salah satu alat musik yang sangatlah unik? Selain harus ditiup, alat musik ini juga harus ditekan bentuknya seperti piano tetapi lebih kecil. Ya betul, alat musik ini adalah pianika. Alat musik ini menjadi salah satu ekstrakurikuler di SD Kristen Petra 13. Dalam ekstrakurikuler pianika kami diajarkan untuk mengetahui tuts putih dan tuts hitam. Sungguh menarik di saat kami meniup seraya menekannya keluar bunyi yang sesuai dengan nada do re mi fa sol la si do.

Selain itu kami diajarkan cara untuk memegangnya. Tangan kiri memegang pianika, tangan kanan menekan tuts, dan mulut meniupnya. Saat ini kami kelas 1 dan 2 sedang diajarkan untuk membaca nada dan memainkan beberapa lagu. Kami berharap mampu, memainkan pianika tersebut dengan kelima jari untuk memuji nama Tuhan.

pianika 01

Pembelajaran IT yang Menyenangkan

IT 1

Jika saat ini kita berbicara mengenai teknologi, banyak hal yang bisa kita gali dan manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari kita. Wah...begitu banyak manfaat yang dapat kita rasakan, tentunya kita pun harus menyikapinya dengan positif. Untuk mengintegrasikan pembelajaran Information Technology ( IT) dengan pembelajaran di kelas, siswa SD Kristen Petra 13 mengadakan jam IT 2 minggu sekali. Pembelajaran ini berlangsung sangat menyenangkan sehingga siswa pun antusias dalam mengikutinya.

IT 2 IT 3

Beragam materi guru ajarkan sesuai dengan materi di kelas, seperti membuat garis, bentuk, membuat pecahan, membuat karangan, dan masih banyak lagi. Melalui pembelajaran IT ini materi yang dipaparkan oleh guru menjadi lebih interaktif dan menarik. Sehingga siswa menjadi semangat dalam belajar. Diharapkan pembelajaran yang dilakukan secara teratur dapat menambah keterampilan untuk para siswa.

We’ve Got So Much Fun In Learning

FUN-LEARNING-2.jpgFUN-LEARNING-4.jpgFUN-LEARNING-1.jpgFUN-LEARNING-5.jpgFUN-LEARNING-3.jpg
 

Tak terasa Penilaian Akhir Semester telah usai. Para guru sudah menyiapkan berbagai pembelajaran yang asyik dan menarik. Pembelajaran kali ini dilakukan dengan metode fun learning, dengan tujuan agar siswa dapat lebih bisa menerima dan memahami materi yang disampaikan. Fun learning kali ini diterapkan pada setiap jenjang kelas mulai dari kelas 1 hingga kelas 5.

Pada kesempatan ini, fun learning dilakukan pada semua subjek mata pelajaran. Beberapa cara yang dilakukan adalah dengan ice breaking, art and craft, menyanyi, menari, bercerita, menggambar dan masih banyak lagi. Diharapkan dengan adanya fun learning ini, siswa lebih dapat mengerti pembelajaran yang sudah diajarkan sehingga dapat menjadi pembelajaran seumur hidup(lifelong learning).

boost the values reap the success