| |

Pramuka Virtual Asyik Walau Di Rumah Saja

Siapa yang di sini senang dengan kegiatan pramuka? Kegiatan pramuka adalah kegiatan yang sangat mengasyikkan karena kita diajarkan membaca sandi, tali temali, semaphore, menjelajah dan berkemah. Kegiatan tersebut tentunya merupakan kegiatan yang sangat dinantikan oleh para siswa. Apakah dimasa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) kegiatan tersebut bisa dilakukan? Tentunya bisa dong, Tanggal 10-11 Desember 2020 siswa kelas 5 SD Kristen Petra 13 mengadakan kegiatan pramuka yang sangat seru walaupun dilakukan di rumah saja. Ada 4 pos yang harus dijalankan oleh para siswa yaitu Pos Pengetahuan, Pos Pengamatan, Pos Gereja dan Pos Restoran.

PRAMUKA_1.jpgPRAMUKA_3.jpgPRAMUKA_2.jpg

Pada hari pertama semua siswa termasuk kelas 5 mengikuti virtual field trip ke Kampoeng Kidz, di sana kita diajarkan mengenal jenis-jenis ayam dan percobaan science menggunakan telur ayam. Setelah itu kegiatan dilanjutkan untuk membuat kemah dari selimut atau kain yang ada di rumah. Tidak lupa kami juga mengikuti pos restoran, yaitu kami diwajibkan untuk menggoreng telur untuk kami santap. Malam harinya kami tidak lupa untuk renungan malam seperti yg biasa kami lakukan. Kegiatan tersebut kami bagikan di social media yang siswa miliki. Pada hari kedua kami pun diajarkan tentang materi-materi kepramukaan. Oh iyaaa… tidak lupa pada kegiatan ini kami juga mengadakan upacara pembuka dan penutup loh teman-teman. Wah ternyata kegiatan kepramukaan juga bisa sangat asyik ya walau kami lakukan di rumah saja. Salam pramuka!!!

Damai Natal Di Hati Di Masa Pandemi

Natal merupakan momen yang selalu dinanti-nantikan, karena momen ini pasti memiliki kesan tersendiri di hati masing-masing. Namun momen Natal kali ini beda dari biasanya. Kami tidak bisa bersama-sama beribadah dan merayakannya di sekolah seperti tahun-tahun lalu. Tahun ini siswa SD Kristen Petra 13 mengadakan ibadah dan perayaan natal bersama melalui virtual, untuk itu kami dibebaskan untuk memakai pakaian yang bernuansa warna natal saat zoom berlangsung. Wah senang rasanya melihat guru dan teman-teman kami memakai dresscode bernuansa natal ada yang memakai topi santa claus, rusa dan lain sebagainya. Kami mengikuti ibadah dan perayaan natal dengan khusyuk dan kidmat, sama seperti saat kami merayakannya bersama-sama di gereja.

NATAL_2.jpgNATAL_3.jpgNATAL_1.jpgNATAL_4.jpg

Tema natal kali ini adalah “Tuhan Beserta Kita”, atau yang biasa kita sebut Immanuel. Nah… dari tema tersebut kita diajarkan untuk tidak perlu kuatir dan takut akan apa yang sedang kita alami di masa pandemi ini. Karena Tuhan selalu bersama dengan kita, menjadi pendamping dalam kehidupan kita. Selamat Natal 2020 dan Selamat Menyongsong 2021 teman-teman. God bless you! 

Peringatan Hari Guru Di Tengah Pandemi

HARI_GURU_1.jpgHARI_GURU_3.jpgHARI_GURU_2.jpg

Pandemi yang sedang kita alami bersama, membuat perubahan yang begitu besar di setiap aspek kehidupan kita. Terlebih lagi di bidang pendidikan, guru dituntut untuk lebih berinovasi dan melek terhadap teknologi demi mencerdaskan anak bangsa. Tanggal 25 November 2020, SD Kristen Petra 13 mengadakan peringatan hari guru sebelum masuk ke breakoutroom. Sebelumnya host sudah bekerjasama dengan beberapa wali murid, siswa untuk memberi kejutan kepada guru-guru kami.

Pada peringatan Hari Guru kali ini, para guru mendapat apresiasi adri orang tua serta siswa berupa video yang berisikan tentang ucapan terima kasih dari para orang tua dan siswa, vocal group, puisi dan permainan piano dari siswa. Acara ditutup dengan prakata oleh Kepala Sekolah dan doa yang disampaikan oleh orang tua kepada guru untuk tetap semangat dan berjuang dalam mengajar di tengah pandemi ini. Selamat Hari Guru! Tuhan memberkati.

Peringatan Hari Pahlawan 2020

Setiap tanggal 10 November kita biasa merayakan momentum Hari Pahlawan dengan mengikuti upacara, melihat drama perobekan bendera atau memakai pakaian bernuansa doreng. Namun di tengah pandemi ini, tidak menurunkan semangat kami dalam memaknai Hari Pahlawan. Pada tanggal 10 November 2020, SD Kristen Petra 13 mengadakan peringatan hari Pahlawan secara virtual.

HARI_PAHLAWAN_2.jpgHARI_PAHLAWAN_3.jpgHARI_PAHLAWAN_1.jpgHARI_PAHLAWAN_4.jpg

Sesudah melakukan morning devotion, setiap kelas melihat bersama-sama video yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah. Isi video tersebut antara lain Drama Penyobekan Bendera di Hotel Yamato, Puisi tentang perjuangan dan untaian kata dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Karyawan, Dokter, Suster dan Satpam yang memotivasi siswa untuk tetap semangat belajar walau di tengah keterbatasan. Dahulu para pahlawan bersemangat dalam berjuang melawan penjajah, maka saat ini kita pun bisa mencontoh semangat mereka dalam bersatu padu melawan pandemi ini dengan menjaga kesehatan, tetap di rumah dan menjalani protokol yang ada. Merdekaaaa...merdeka...merdekaaa…

Virtual Reality Games At Breakout Rooms Excellent Kids 2020

Potensi merupakan sesuatu yang dapat digali oleh setiap anak. Selain itu Tuhan juga memberikan setiap anak-anak-Nya talenta untuk dapat dikembangkan. Pada tanggal 24 Oktober 2020, SD Kristen Petra 13 mengadakan acara agenda tahunan yaitu Excellent Kids yang diikuti 120 peserta guna mewadahi siswa kelas TK-B untuk menunjukan potensi dan talentanya. Tema kegiatan ini adalah “Virtual Reality Games at Breakout Rooms” yaitu mereka akan join melalui Zoom dan dibagi menjadi 12 ruang. Setiap ruang terdapat 10 anak, di dalam kegiatan ini dilaksanakan 5 virtual games yang disesuaikan dengan PETRA Student Learning Outcomes yaitu Physical Growth,  Emotional Intelligence, Talent Development, Religious Education, dan Academic Excellence.

E-KIDS_2_2.jpgE-KIDS_4_4.jpgE-KIDS_3_3.jpgE-KIDS_5_5.jpgE-KIDS_1_1.jpgE-KIDS_6_6.jpg

Di setiap pos terdapat video dan permainan yang harus dilakukan oleh setiap peserta, yang tak kalah serunya di setiap pos juga sudah disediakan beragam hadiah menarik untuk peserta antara lain goodie bag yang berisikan tempat makan, masker, alat tulis, dan sebagainya. Khusus di Pos Talent Development mereka akan menampilkan talenta mereka dalam berpuisi, tersedia piala untuk peserta yang paling menarik dan baik dalam membawakan puisi tersebut. Waaaah…sungguh seru sekali loh. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa TK-B dapat mengenal lebih awal lingkungan di sekolah dasar. Excellent Kids 2020… yes yes yes We are excellent!

boost the values reap the success