| |

Serunya Student Learning Outcomes secara Daring

Salah satu program yang dilaksanakan oleh PPPK Petra adalah Student Learning Outcomes (SLO). SLO ini sering kami lakukan pada saat di sekolah. Banyak kegiatan yang kami lakukan seperti senam sehat, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Daerah dan lagu Mars Petra. Selain itu kami juga melakukan senam mata dan makan sehat. Nah di masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), kegiatan SLO masih bisa kami lakukan bersama guru dan teman-teman.

SLO_4_4.jpgSLO_3_3.jpgSLO_1_1.jpgSLO_2_2.jpgSLO_5_5.jpg

Pada saat guru kami menyalakan video lagu-lagu kami pun secara bersama-sama menyanyikan lagu tersebut. Kadang lucu juga saat mendengar teman kami yang suaranya sumbang atau tidak tepat karena pengaruh sinyal. Namun itu tidak melunturkan semangat kami dalam menyanyikannya. Begitu juga dengan senam guru kami juga memberikan contoh sehingga kami bisa lebih memahami gerakannya. Kegiatan SLO yang tak kalah seru adalah saat makan sehat di hari Jumat. Kami melakukannya pada jam istirahat bersama dengan guru dan teman-teman. Walaupun hanya melalui layar, tetapi kami senang karena bisa bertukar cerita dengan teman tentang makan sehat yang sedang dimakan, sesekali guru kami juga memberikan informasi tentang vitamin dan gizi yang terkandung dari buah dan sayur yang kami makan. Stay healthy friends! God bless you.

Optimisme dan Nasionalisme pada Upacara Daring  HUT RI ke-75 

Upacara Bendera Kelas 4

Keterbatasan ruang gerak untuk tertib terhadap protokol kesehatan di masa pandemi, maka Upacara Peringatan 17 Agustus 1945 yang biasanya dihadiri oleh tamu negara dan diselenggarakan secara meriah di Istana Negara, sekarang harus dilakukan secara virtual. Untuk memperingati HUT RI ke-75 guru, karyawan, dan siswa kelas 4-6 mengikuti upacara bendera dari rumah masing-masing melalui streaming youtube dan siaran langsung dari TV.

Upacara Bendera Kelasn 5

Upacara secara virtual ini bisa kami lakukan juga bersama orang tua dan saudara di rumah. Kegiatan upacara virtual kami lakukan dengan penuh khidmat sesuai dengan nasihat dari guru kami di sekolah. Meskipun caranya berbeda, pengoptimalan media social dalam Upacara Peringatan 17 Agustus 1945 dapat menumbuhkan sikap optimisme. Situasi di masa pandemi ini menjadi masalah yang tak sulit lagi, karena yang paling utama dalam merayakan HUT RI ke-75 adalah partisipasi kita untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme yang ada dalam diri kita. Selamat Ulang Tahun Indonesia-ku yang ke-75. Tuhan memberkati bangsa kita selalu.

Upacara Bendera Kelas 6

Merayakan HUT RI ke-75 di Era New Normal

Momentum kemerdekaan yang biasa kita peringati pada tanggal 17 Agustus, kali ini terasa begitu berbeda. Bertahun-tahun semarak kemerdekaan kami lakukan bersama guru dan teman-teman di sekolah seperti menghias kelas dengan ornament merah putih, fun walk dan aneka perlombaan antar kelas. Wah, itu merupakan salah satu kegiatan yang kami tunggu loh! Namun di tengah masa pandemi sekarang, kami di SD Kristen Petra 13 tetap menyambut Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75.  Di era new normal kali ini, kami mengadakan perlombaan yang berbeda, tetapi tidak kalah seruuuu loh karena kami bisa melakukannya di rumah dan ada beberapa perlombaan yang melibatkan keluarga juga.

Foto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_3.jpgFoto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_6.jpegFoto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_5.jpegFoto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_1.jpegFoto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_4_.jpgFoto_Merayakan_HUT_RI_Juara_1_Kelas_2.jpeg

Perlombaan tersebut  dilakukan secara perjenjang yaitu Lomba Menghias Bento untuk Kelas 1, Lomba Mewarnai untuk Kelas 2, Lomba Foto Keluarga  untuk Kelas 3, Lomba Fashion Show untuk kelas 4, Lomba Membuat Masker untuk kelas 5 dan Lomba Bercerita Kepahlawanan untuk kelas 6. Pada tanggal 18 Agustus 2020, sebelum kami memasuki kelas Breakout Room kami berkumpul terlebih dahulu untuk mengikuti Morning Devotion dan bersama dengan itu kami mengadakan acara pengumuman sang juara perlombaan rasanya dag dig dug untuk menunggunya. Melalui kegiatan ini, kami belajar walau di segala situasi kami tetap menghayati dan mengikuti perayaan HUT Republik Indonesia ke-75 dengan penuh syukur. Kami berharap diusia 75 tahun ini Bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih baik dan maju dalam berbagai aspek walau di tengah pandemi sekarang ini. Teruslah mencintai Bangsa Indonesia ya teman-teman. Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Melangkah Pasti Bersama Tuhan

Ibadah-2.jpgIbadah-1.jpgIbadah-3.jpg

Waaah tak terasa ya... kita sudah masuk Tahun Ajaran 2020/2021. Setelah berlibur lama akhirnya kita masuk ke sekolah kembali. Walau kali ini berbeda dengan biasanya, karena pandemi covid-19 ini Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) harus dilaksanakan secara daring demi memutus rantai penyebaran virus ini. Namun, di tengah situasi saat ini, kita juga harus bersyukur karena Tuhan begitu luar biasa mengasihi kita, menjaga dan memelihara kita sehingga setiap siswa dan guru dapat saling bertemu walau dengan aplikasi daring. Untuk itu SD Kristen Petra 13 mengadakan Ibadah Awal Tahun Ajaran 2020/2021 pada hari terakhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). 

“Melangkah Pasti Bersama Tuhan”, merupakan tema yang diangkat dalam ibadah kali ini dengan pembicara Pdt. Hanna Yulianik. Kita tahu dan mengerti bahwa situasi ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi ke depannya sehingga kita diminta untuk menjadi orang yang taat, karena Tuhan sudah memberkati kita dan selalu menyertai kita. Ketika kita taat berkat dan penyertaan Tuhan akan selaras mengalir di hidup kita. Semangat menjalani Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di Tahun Ajaran 2020/2021 teman-teman! Keep fighting and God bless you.

MPLS Jauh Di Mata Dekat Di hati

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yaitu waktu dimana para siswa mengenal akan guru, teman, tata tertib dan lingkungan di sekolah. Berbeda dengan tahun lalu, MPLS di SD Kristen Petra 13 berjalan secara daring. Hal ini menaati peraturan Menteri Pendidikan untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) hingga akhir tahun. Kegiatan ini dimulai pada tanggal 13 Juli 2020 hingga 16 Juli 2020. Setiap jenjang telah mempersiapkan kegiatan interaktif yang dapat dilakukan secara daring.

MPLS-4.jpgMPLS-2.jpgMPLS-3.jpgMPLS-1.jpg

Pada hari pertama kegiatan ini diisi dengan memperkenalkan guru, teman-teman sekelas dan tata tertib di sekolah selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Banyak kegiatan yang dilakukan siswa dalam kegiatan MPLS ini antara lain membuat gambar jerapah dari tangan, membuat puppet dari kertas origami,  membuat magicbox, senam bersama, membuat kata buah-buah roh dan masih banyak lagi. Pada setiap akhir kegiatan guru memberikan kesempatan kepada para siswa untuk saling menyapa teman-temannya agar mereka saling akrab. Wah sungguh asyik ya. Kegiatan ini juga diupdate melalui Official Instagram milik sekolah. Sesuai pepatah mengatakan “Jauh di mata, namun dekat di hati” melalui MPLS secara daring ini, walau kita saling berjauhan di rumah masing-masing siswa dapat mengakrabkan diri bersama dengan guru dan teman-teman mereka. Semangat memasuki Tahun Ajaran 2020 / 2021, Tuhan memberkati!

boost the values reap the success