| |

It’s Time To Move On

Wah sungguh senangnya kami, karena pada tanggal  10 Desember 2019 seluruh siswa SD Kristen Petra 13 mengerjakan proyek PKK yang bertemakan “It’s Time to Move On”. Pada awal kegiatan bapak / ibu guru menjelaskan kepada kami tentang perjalanan hidup yang harus kami lewati. Terkadang ekspektasi dan realita yang kami hadapi begitu berbeda. Semua itu butuh proses agar hasilnya baik. Misalnya saat kami ingin berangkat ke sekolah dengan tepat waktu, ternyata realita berkata lain kami malah bangun kesiangan sehingga terlambat ke sekolah. Untuk mengubah hal tersebut agar berhasil pastinya ada sosok yang selalu mendukung dan menyayangi kami, yaitu orangtua. Tanpa bantuan mereka kami tidak bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

PKK_3.jpgPKK_1.jpgPKK_2.jpgPKK_4.jpg
 

Kami pun membuat prakarya yang dibingkai dan kami dihias dengan cantik sebagai wujud terima kasih kepada orang tua. Hasil karya kami ini nantinya diberikan kepada orangtua di rumah. Melalui aktivitas ini membuat kami sadar bahwa perubahan yang ada pada diri kami berasal dari orang-orang yang menyayangi kami. Thank you parents… we love you.

I am Amazing

DSC 1297

Setiap kita manusia sangatlah berharga di mata Tuhan, tanpa memandang dari warna kulit, rambut, kekurangan dan kelebihan kita. Kadang kita hanya fokus pada kelemahan kita saja, sehingga kita kurang dalam mengembangkan potensi dan bakat yang kita miliki. Untuk itu pada tanggal 15 Februari 2019 kami siswa SD Kristen Petra 13 belajar untuk bersyukur atas berkat yang sudah Tuhan berikan, melalui program Proyek Pendidikan Karakter Kristiani (PKK) dengan tema I am So Amazing.

MELAYANI SESAMA

Tema kegiatan PKK SD Kristen Petra 13 pada hari Kamis, 27 April 2017 adalah Melayani Sesama, dengan pilar karakter Caring. Proses batin yang diharapkan dari kegiatan ini yaitu agar siswa memahami arti melayani sesama yang didasari dengan ketulusan serta menyadari bahwa Tuhan telah terlebih dahulu melayani manusia.

Kegiatan di kelas kecil dan kelas besar dimulai dengan menyanyikan lagu "Mana-Mana Tuhan Panggil", doa pembukaan, serta pembagian kelompok. Kelas dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 bertugas melayani teman dengan cara bertanya berapa banyak kue, snack, dan minuman yang diminta. Kelompok 2 berperan sebagai orang yang dilayani. Selanjutnya mereka akan bertukar peran mengambilkan kue, snack, dan minuman sesuai permintaan teman yang dilayani.

Di akhir kegiatan guru memberikan makna kegiatan, bahwa saat melayani kita menyediakan waktu dan tenaga untuk orang yang kita dilayani. Siswa juga belajar untuk menghargai dan berterima kasih atas pelayanan yang diberikan oleh orang lain. Itulah yang Tuhan Yesus kehendaki untuk kita lakukan.

melayani_5.jpgmelayani_2.jpgmelayani_6.jpgmelayani_3.jpgmelayani_4.jpgmelayani_1.jpg

KOIN UNTUK SESAMA

Tema Pendidikan Karakter Kristiani di SD Kristen Petra 13 selama bulan Maret 2017 untuk kelas kecil dan besar adalah "Berbagi", dengan pilar karakter "Caring". Tujuan dari materi ini agar siswa menyadari bahwa berbagi merupakan kesempatan untuk mengajak orang lain turut merasakan kebahagiaan seperti yang kita rasakan, memperbaiki hidup sesama, membentuk dunia yang lebih baik, serta menyalurkan berkat Tuhan yang kita terima.
Selama satu minggu, para siswa telah menyisihkan sebagian uang jajan untuk kegiatan berbagi ini. Hasil koin yang telah dikumpulkan, kemudian dibelikan barang yang bermanfaat dan diberikan kepada satpam atau pesuruh atau petugas kebersihan.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada yang pandai, ada yang kurang pandai. Ada yang hidup dalam berkelimpahan, ada juga yang masih kekurangan. Hal itu menyadarkan kita tentang perlunya berbagi. Berbagi berarti membantu mengisi sesuatu yang kurang dengan memberikan yang kita miliki kepada mereka yang membutuhkan.

koin_sesama_4.jpgkoin_sesama_3.jpgkoin_sesama_2.jpgkoin_sesama_1.jpg

MAKE A RAINBOW

Tema Pendidikan Karakter Kristiani di SD Kristen Petra 13 pada hari Selasa, 21 Februari 2017 adalah “Berbagi”, dengan pilar karakter “Caring”. Tujuan dari materi ini agar siswa memahami arti penting berbagi dan menyadari bahwa berbagi merupakan kesempatan untuk merealisasikan niat baik kepada orang lain baik secara individu maupun kelompok serta membuat pihak lain ‘diperkaya’ baik dari segi materi maupun non materi.
Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu, “Berilah yang Baik”, kemudian siswa memulai membuat karya yaitu membuat pelangi untuk kelas I-III dan berbagi warna untuk kelas IV-VI. Siswa mendapatkan kertas berwarna dengan jumlah dan warna yang berbeda-beda. Beberapa siswa mendapatkan kertas warna yang banyak dan beragam, dan beberapa yang lain mendapatkan sedikit bahkan 1 lembar kertas warna saja. Tugas siswa kelas I-III adalah membuat pelangi dengan menempelkan potongan-potongan kertas warna pada LKS, sedangkan IV-VI membuat bentuk rumah, pohon, matahari, dan awan.
Kertas warna melambangkan sesuatu yang kita miliki. Ada yang kekurangan, ada yang berlebihan, ada juga yang pas-pasan. Kita tidak bisa membuat pelangi jika hanya memiliki satu warna saja. Sehingga kita perlu berbagi agar susunan warna pelangi dapat terbentuk. Pelangi menandakan kebahagiaan. Dengan berbagi, maka kita ikut memberikan berkat kebahagiaan untuk orang lain. Itulah maknanya berbagi. Kita mendapat kebahagiaan dan juga membuat orang lain bahagia.

rainbow_2.jpgrainbow_1.jpgrainbow_5.jpgrainbow_3.jpgrainbow_4.jpg

boost the values reap the success